Jumat Pagi Bersama Ulil

Siapa yang tidak kenal dengan Ulil Abshar Abdalla ? Salah satu tokoh JIL ini sudah dikenal karena berbagai kegiatan & pernyataannya. Selain di media konvensional, saat ini Ulil juga cukup aktif di Internet, termasuk di berbagai situs social media.

Suatu hari saya membaca tweet berikut ini dari account Ulil :

Ulil: If Muslim dictators kill their people, Muslim tend to shut up. When the world tries to stop them kill, they shout: INTERVENTION! Gosh!

Saat itu adalah pagi hari Jumat, 25 Maret 2011. Suasananya adem & tenang, jadi menggugah saya untuk mendiskusikan pendapat tersebut diatas.
Ketika itu saya kira balasan saya tidak akan ditanggapi oleh Ulil, tapi tidak apa, yang penting saya sudah menyampaikan pendapat saya. Yaitu :

Saya: Sejahat2nya Saddam, dia tidak spt GW Bush yg bantai ratusan ribu orang & bikin jutaan lainnya jadi pengungsi. Hm ? Gosh !

(http://twitter.com/#!/hsuf/status/51059424663584768)

Saya: Intervensi langgar konsep kedaulatan / sovereignty. People have the right to sort out their own problems. Gosh !

(http://twitter.com/#!/hsuf/status/51060190732230656)

Lalu saya melanjutkan rutinitas pagi saya dengan santai, dan bersiap-siap untuk sarapan…. ketika kemudian saya sadar bahwa ternyata tweet saya dibalas oleh Ulil ! Ups 🙂

Ulil: But yes, you’re right, Muslim suffer from amnesia a lot. When Muslim dictators killed their people, they tend to shut up!

(http://twitter.com/#!/ulil/status/51066382632230912)

Pagi hari Jumat itu tiba-tiba menjadi jauh lebih menarik 🙂

Selama beberapa jam setelah itu, kami saling kirim mengirim tweet. Sampai saya luput sarapan 😀 dan terpaksa minta izin pamit dulu kepada Ulil :

Saya: Yeah, but you have had your muffin, and I haven’t mine (breakfast). Slow down ! 😀

(http://twitter.com/#!/hsuf/status/51085648727257089)

Diskusi saling tukar pikiran kemudian terus berlanjut kembali dengan seru, sampai akhirnya kami sepakat untuk saling tidak setuju (agree to disagree) 🙂
No problem, tiap orang punya hak untuk punya pemikirannya sendiri-sendiri.

Terlampir adalah beberapa kutipan diskusi tersebut.
Selamat menikmati….


Ulil : If Muslim dictators kill their people, Muslim tend to shut up. When the world tries to stop them kill, they shout: INTERVENTION! Gosh!

Saya : Intervensi langgar konsep kedaulatan / sovereignty. People have the right to sort out their own problems. Gosh !

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51060190732230656


Ulil : If Muslim dictators kill their people, Muslim tend to shut up. When the world tries to stop them kill, they shout: INTERVENTION! Gosh!

Saya : http://www.crethiplethi.com/islamic-union-students-protest-massacre-of-libyans-by-gaddafi-regime/islamic-countries/iran-islamic-countries/2011/

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51075936921206784


Ulil : most people killed after the US invasion of Iraq was caused by civil war between warring groups of Syiah and Sunni.

Saya : Which would not happen if Saddam was not removed by USA, right ? Gosh !

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51070936765579264


Ulil : Who says sovereingty is a sacred principle? It’s just a modern myth. It becomes a pretext used by dictators to kill their people!

Saya : Then why bother with countries at all ? Let’s invade everyone & create Earth nation ! That’s what Nazi tried anyway.

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51075445055172608


Ulil : Who say Arab can take care of their own problem? Is sending troops by Saudis to Bahrain to kill protestors part of that care?

Saya : Don’t tell me you forgot about Egypt already 🙂 And Tunisia.

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51074644026998784


Ulil – Intervention is not ideal, but less evil than letting dictators killing their people or other kind of atrocities!

Saya : And who are you to #judge other people’s affairs? Principles, like sovereignty, are there for good reason.

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51074205999050752


Ulil : No, Saddam invaded Kuwait without approval of anyone. It was only him going mad and delusional!

Saya : WikiLeaks begs to differ with you:
http://ramanan50.wordpress.com/2011/02/02/us-asked-saddam-to-invade-kuwaitwiki-leaks/

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51073932345876480


Ulil : First of all, Saddam invaded his neighbor, Kuwait. Forgot this? Second, he killed his own people for years. Forgot this too?

Saya : Kuwait was invaded under approval of USA. Forgot this?

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51070300678393856


Ulil : First of all, Saddam invaded his neighbor, Kuwait. Forgot this? Second, he killed his own people for years. Forgot this too?

Saya : USA should have principles like the “Prime Directive”. Arabs now have proven that they can take care their OWN problems, right ?

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51071240332509184

Prime Directive :

The Prime Directive is not just a set of rules; it is a philosophy and a very correct one. History has proven again and again that whenever mankind interferes with a less developed civilization, no matter how well intentioned that interference may be, the results are invariably disastrous.” — Jean-Luc Picard


Ulil : US is not an angel but it’s the only country that has the best military prowess today. And that entails responsibility.

Saya : And have they acted responsibly? So far, the Palestinians would say no.

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51081070107561984


Ulil : Palestine problem needs separate discussion. Don’t lump everything in one basket!

Saya : Nope, it’s an excellent example of how USA does #not wield their power responsibly, but by using #DoubleStandards instead.

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51082583580213248


Ulil : All counries practice double standard, not only the US. Even Muslims use double or even multiple standards too in judging events.

Saya : That’s no justification to make it (#DoubleStandard) right 🙂

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51083659968643072


Ulil : You haven’t said your words about what’s the best way to stop genocide. Is intevention is not justified at all in such situation?

Saya : Only on #true cases of genocide, example: Nazi vs Jews. Intervention should be an #exception not the norm !

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51084317903953920

Genocide :
any of the following acts committed with intent to destroy, in whole or in part, a national, ethnical, racial or religious group, as such: killing members of the group; causing serious bodily or mental harm to members of the group; deliberately inflicting on the group conditions of life, calculated to bring about its physical destruction in whole or in part; imposing measures intended to prevent births within the group; [and] forcibly transferring children of the group to another group.


Ulil : And what’s that other country with no big business interest behind it that have military ability and willingness to stop atrocities?

Saya : I thought that’s what The UN are for ? (but first we need to wean them off USA’s money though)

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51089016136802304


Ulil : What if UN, due to its lack of capability, is unable to fulfill its mission to protect lives of people from their dictators?

Saya : Then its lack of capability is our fault, and we must rectify that – empower The UN more 🙂

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51098199636717568


Ulil : Yes, because US has big power, it has big responsibility to stop atrocities in Libya. Right? Who else will be able to do?

Saya : Someone else with no Halliburton/Exxon/etc piggy-backing them, preferably 🙂

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51085242269843456


Ulil : And what’s that other country with no big business interest behind it that have military ability and willingness to stop atrocities?

Saya : In case of inter-national affair, The UN is the #democratic institution which has most right to take on issues on this level.

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51098930636800000


Ulil : Killing in Libya cannot wait for the fix of UN. The moral responsibility lies now on countries with best military power.

Saya : You believe on getting to the end, no matter how / the means. That’s fine. I believe in the process.

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51104189643898881


Ulil : Anyway, I agree with coalition’s attack to stop Qadhafie from killing his own people. You may have diff. oponion, and that’s OKAY.

Saya : I fully agree as well that you full right to have your own opinions. Thanks.

http://twitter.com/#!/hsuf/status/51081279692738560

900 thoughts on “Jumat Pagi Bersama Ulil

  1. ulil..yang kemarin dapat kiriman paket bom itu ya..? wah untung dia selamat…

  2. salut dengan Pak Harry… kita memang harus siap perang pemikiran lawan JIL…
    Barakallahu fik…

  3. Atrocities will never be the solution to peace. It will only give birth to more atrocities and people never seem to notice while they answer guns with guns they only get more bullets and bombs. One way or the other, they’re both losers in the end.

  4. Apa percakapan! Ulil memiliki titik yang baik, tapi aku harus setuju dengan Anda dalam hal ini, Harry. Saya pikir kedaulatan harus sesuatu yang sakral dan bahwa AS seharusnya tidak menjadi polisi dunia.

  5. Kelihatannya menark sekali tweet-tweetannya… sayang saya musti pake GTrans untuk ngartikannya, jadi kurang begitu paham 🙁

  6. Betul Pak, … Budaya berdebat dengan cara yang bijak dan argumentatif perlu sering dilatih

  7. I have read your article and also some of the comments and i can say only one thing that you people are right and up to the point. Anyways keep it up and keep continue with your valuable thoughts.
    Thanks

  8. Sudah saatnya perdebatan dengan cara yang lebih arif, salut Mas Harry, sebenarnya dengan diskusi akan lebih memartabatkan martabat oarng yang bersangkutan, klo dengan anarkis, itu yang brutal siapa saja mo salah mo benar bisa saja yang jadi korban, mungkinkah budaya diskusi ini bisa di terapkan ya Mas Harry di negeri tercinta ini….?

  9. Useful article, thanks for taking the time to compose it. keep it up Check out this guy

  10. Apa percakapan! Ulil memiliki titik yang baik, tapi aku harus setuju dengan Anda dalam hal ini, Harry. Saya pikir kedaulatan harus sesuatu yang sakral dan bahwa AS seharusnya tidak menjadi polisi dunia.

  11. Kita prihatin adanya ancaman paket seperti yang terjadi pada Ulil sepertinya sinyal bahwa negara tidak aman. Maksud kami sinyal kepada dunia internasional seolah-olah Indonesia rawan dan tidak aman untuk investasi. Trims seringnya Mas Harry 🙂

  12. seseorang anak yang dibesarkan oleh orang tuanya akan membela mati-matian orang tuanya walo harus menggadaikan agamanya. bagi Ulil, agama hanya komoditas.

    makasih mas Harry atas kepedulian talk back to that man. moga aja sadar doi.

  13. shering yang sangat bagus pasti senang ya gan bisa ngobrol….
    semoga sukses dan maju terus

  14. diskusinya keliatan sangat menarik. beda pendapat toh biasa aja. karena beda pendapat kan juga rahmat. tapi yang ane liat sich beberapa pernyatannya ulil ini emang banyak di kritik oleh para pemuka agama kita. meski dia jadi menantunya Gus Mus

  15. wah sayang tweet nya bhs asing, coba bahasa indonesia!!
    apapun pandangan mereka diatas, yg penting jg terlalu radikal dan bertentangan dengan pandangan para warga/ulama pada umumnya, bisa2 dikirimi boom book lagi……

  16. bener mas, orang2 liberal ngomongnya terkesan logis abis, tapi kalo di cermati, ngawur alias tanpa dasar …

  17. salam kenal,,kunjungan perdana nih….
    info yang sangat menarikdan keren,,
    makasih dan sukses slalu,,,

  18. diskusi ringan yang tiba – tiba menjadi debat yang “menegangkan”…
    mantap dah, saya blum nyampe nalarnya sampe kesitu (sebenarnya karna gak ngerti bahasa Inggris sih…akakakaka)

  19. well thats looks good article to read, but anyway i like it as much as e10 videos

  20. hahahahaha ulil ulil, mas ulil digaji berapa ya sama amrik? saya berpendapat bahwa tidak semua bantuan dari barat itu buruk tapi dalam hal ini saya berpendapat ulil salah besar gkgkgkgkg (bego dia), cuma satu kepentingan amrik di jazirah arab which is oil oil oil mock my words ulil!! wkwkwwk mudah2an dia baca nih, ni harusnya jadi pelajaran buat umat Islam buat lebh bersatu dalam kebaikan bukan keburukan, salam sejahtera mas admin sukses selalu

  21. Siapa itu ulil?? saya tidak tau, tidak pernah baca artikel yang berhubungan dengan militer sepreti ini, jadi bingung mau komentar apa, sukses terus ya!!!

  22. yang saya tahu Ulil Abshara berpikiran moderat. Saking moderatnya terkadang terlalu mengakomodasi nilai-nilai selain dari Al Quran dan Sunnah. Saya tidak setuju dengan pemikiran beliau yang terlalu liberal tetapi kekerasan terhadap pemikiran belaiau saya tidak setuju.

  23. salam kenal…bagi sy apapun model pemikiran orang tetap kita harga termasuk ulil

  24. memang pak ada beberapa hal yang tidak bisa di justis layaknya yang mas ulil sampaikan. serigkali statemen beliau mengundang greget kita untuk mengomentari atau bahkan menghadang. namun sisi lain saya juga bangga dengan gagasan besar belaiu yang menurut saya justeru kontraproduktif degan dinamikan perkembangan yang sedang kita perjuangkan, bahkan tak jarang saya berpikir kalau dia itu sudah gila, pelanggaran pakem yang doktrinal menajadi karakter beliau sebagai tokoh islam. payah emang, he tapi itu jalan belaiu untuk mengembangkan alam pemikiran umat islam sebenarnya. mudah-mudahan cuma di wilayah teoritis saja lah,,,, hiks. chears.

  25. Ulil satu sisi berpikir moderat tapi sisi lain meurut tokoh tokoh sepuh malah keblabasen,, tapi bener pak harry meski di depan ulil kita juga patut untuk mempertahankan gagasan yang kita yakini. pepatah arab kuno \ra’yuna showabun wa yahtamilul khatha’ ……\ bukan beigut mas?

  26. kalau Ulil berpandangan seperti itu saya sudaf maklum, pak.. semoga mendapat hidayah..

  27. kontraproduktif degan dinamikan perkembangan yang sedang kita perjuangkan, bahkan tak jarang saya berpikir kalau dia itu sudah gila, pelanggaran pakem yang doktrinal menajadi karakter beliau sebagai tokoh islam. payah emang, he tapi itu jalan belaiu untuk mengembangkan alam pemikiran umat islam sebenarnya. mudah-mudahan cuma di wilayah teoritis saja lah,

  28. dari tweetnya sejak awal saja sudah kelihatan dia sangat benci dengan islam dan bangga dengan kejahatan barat.

  29. wah serem juga ya bos, jangan sampai deh ada yang kelakuannya kaya si ulil, pake ngirim bos segala, kan bisa sakit kalo kena yah, keren percakapannya 🙂

  30. Ulil hanya pro amerika yang membabi buta, ciri-cirinya adalah berdalil HAM ala amerika tapi tidak peka pada kejahatan israel di Palestina, semoga kita dijauhkan dari pemikiran liberal yang mengatasnamakan agama

  31. Seharusnya dengan kecerdasannya Ulil bisa menghasilkan sumbangan besar terhadap Islam tetapi bukan untuk menggerogoti aqidah yang sudah jelas dari Al Quran dan Sunnah. Nice Artikel. TQ

  32. pemikiran ulil ada juga yang bener, hanya saja mgkn terlalu jauh dari pemikiran orang2 indonesia pd umumnya yg berpikir lbh sederhana

  33. Ndak Heran sih.. Mas Ulil emang sering kasih tulisan dan pendapat kontroversial. cuma kita-kita yang awam ini jadi dibuat bingung aja… Saya mendukun mas Harry yang berani kritis… hidup mas Harry…

  34. Ayo terus mas Harry.. memang dibutuhkan orang yang berani mengkritisi si Ulil , tentunya dengan fikiran dan pengetahua yang luas speerti mas Harry

  35. Benar-benar diskusi yang hebat mas harry. Saya tetap sependapat dengan anda bahwa US tidak seharusnya menjadi polisi dunia untuk mengatur apa-apa yang sesuai dan tidak sesuai. Memang pada akhirnya adalah masing-masing sependapat untuk berbeda pendapat.

  36. I have to agree with you here Harry. Sovereignty is indeed there for a reason. The U.S. should stay out of other countries affairs and leave it to the U.N. to mediate world issues. It’s up to the world at large to give the U.N. the power to do so.

  37. Setuju pak, standar ganda memang sangat terlihat, libiya diberlakukan zona larangan terbang dengan alasan melindungi rakyat sipil, sementara Gaza yang waktu itu dibombardir sekutunya boro2 ada zona larangan terbang …

  38. Semoga Allah menyelamatkan kita dari kesesatan liberalisme ulil dan para pengekor hawa nafsu dan hamba akal. Kelihatannya mereka logis dan ilmiah tetapi hakikatnya mereka bodah dan jauh dari nalar yang sehat.

  39. iya sekarang banyak banget teori konspirasi, klo gak kuat kuat iman dan selalu mengandalkan logika bisa banyak yang terperdaya juga.. mudah2an allah menyelamatkan kita semua

  40. Mobile Phones from China

    Welcome to the electronics store “Comportal.com.ua”!

    Hike in an electronics store, thanks to new Internet technologies, is possible at any time convenient to you. You are without tiring trips to hypermarkets, with the help of search engines for a few seconds you will find interesting and detailed product specifications. Qualified consultants will respond to your questions. For advice go to the Contacts page and contact by selecting the convenient way. You need to buy electronics by using our online shop, without leaving the house or office, at any time sutok.Dlya do this: Register to postpone the item is in the shopping cart, choose a convenient way for you to pay and submit an application. Once your application has been received you will contact our consultant regarding the delivery of goods.

  41. agak pusing bacanya, maklum, ane gak ngerti mslh politik. but no one can judge other. no one absolutely true and no one absolutely false. we have our own opinion in our mind and we have the best thing we should done.

    tapi aku juga ga setuju USA jd polisi dunia, emangnya ideologinya dia bisa dipake di tempat selain negaranya? kebijaksanaan yang diambil jg blom tentu sesuai. tiap negara punya ideologi masing2 n problem sendiri alna.

  42. Qué tal?. En primer lugar, quisiera decir que he quedado maravillado con la información que ofreces. Estoy sorprendido. Me gusta mucho tu estilo de escritura. Debo decir que no estoy de acuerdo al 100% con lo que dices pero respeto tu opinión y seguiré visitando tu blog para leerte. Un gran saludo y ojalá sigas posteando más información.

  43. Wah menarik aje nih diskusinya ma si Ulil. Ane pernah diskusi ma Ulil di Malang boss, tp dah lama, sktr thn 2005 gtu boss. belum di PD waktu itu, diskusi mslh Islam Harfiah dan Maknawi (wuusssh ane jg kgk paham kok). Anyway boss, twitter ente ap nih?

  44. Saya pikir, Ulil Abshar Abdallah adalah pemikir muslim Indonesia terpenting saat ini…Ulil juga seorang aktivis socmed yg eksis :))
    Selamat sore Mas, salam kenal.

  45. Menurut saya Ulil perlu dikoreksi komentarnya. PBB menjadi tidak berfungsi gara-gara negara US. Andaikata PBB berfungsi maka PBB bisa mencegah Irak menginvasi Kuwait atau menghentikan presiden Libya membantai rakyatnya. Dan seharusnya Ulil berprasangka baik dengan sesama muslim. Walaupun Saddam Husein dibilang diktator diapun seorang muslim. Siapa tahu allah melimpahkan rahmat kepadanya dan dia tobat. Gosh..ulil..ulil..keblinger.

  46. Perdebatan yg keren. Semua orang punya sudut pandang, entah hasil bentukan atau dari kontemplasi. Yang jelas saya senang ujungnya bukan tarung drajat..

  47. The post really expressed every bodies views, for all those who are suffering because of the evils.
    Thanks for sharing!

  48. Saya berpendapat selama AS merasa dirinya sbg polisi dunia, dan menggunakan kekuasaan dan menggunakan cara sebagaimana cara teroris, maka teroris tidak akan hilang dari dunia ini. karena itu adalah perlawanan dari ketidakadilan dan kesewenag-wenangan

    Terimakasih,
    Home and Health

  49. Gonjang ganjing dunia , aya aya wae
    Salam kenal dari blogger newbie
    ll
    ll
    v
    With Smile
    MisterXWebz

  50. Je pense que c’est une merveilleuse idée pour que les gens veulent un bon usage snail mail ole nouveau.

  51. The U.S. has no business becoming the “world police”. This is against international law and shows that we’re still stuck in the age-old concept of “might makes right.” Countries around the world need to band together via the U.N. and return the world to something resembling sanity in law…

  52. ulil lagi ulil lagi, liberal mah adanya di eropa di indonesia mah demokrasi..bawa aja pemikiran ente ke eropa, di marimah ngk laku

  53. Generasi muda spt Cak ulil harus diberi apresiasi yang tinggi demi kebngkitan Islam dan Indonesia…

  54. cari kebenaran di dunia ini memang gak gampang .serba membingungkan apalagi sudah masukranah kepentingan wah dibikin melintir tuh kebenaran.tapi aku yakin pada satu hal sang pemilik kebenaran itu hanya ALLAH kembalikan lah segala sesuatunya pada ALLAH

  55. Hmm…, seru juga ya… Khusus buat Mas Ulil…, ga juga kali… Ga semua muslim diam ketika seorang diktator muslim bunuh2an.. Saya ga pernah setuju dengan kekerasan atas nama agama… Dan banyak yan gseperti saya tidak diam… Kita berkata…, jangan seperti it karena kerasan tidak pernah baik… Dan buat Mas Harry…, sayang juga kalo dofollow tapi banyak yang spam.. Enaknya difilter biar sesuai dengan topik… After all…, I say many thanks….

  56. Semoga bangsa indonesia bisa lepas dari liberalisme apalagi liberalisme agama, demokrasi lebih cocok…stop kekerasan jangan lagi…no more…

  57. Thanks for sharing this. I like to get all kinds of different perspectives when it comes to politics. I can simply employ the use of my friendly Google translate function!

    Freddy K

  58. Diskusi yang sangat menarik.. sy sepakat dengan anda bahwa Amerika memang menerapkan standart ganda dalam persoalan timur tengah….

  59. JIL harus diberantas ! LIBERAL faham yg sangat menyesatkan, mereka kaum orientalis perusak ajaran ISLAM.

    Ulil klo “dakwah” ke JATIM pasti diam-diam, klo tidak pasti sudah tinggal nama tuh orang.

  60. saya benci ajaran liberal

    muslim memang diajarkan muamalah dgn baik kpd non-muslim, tapi bukan berarti menaruh Wala’ kepada mereka

    kebanyakan muslimin skrg gak faham apa itu Al wala’ wal bara’
    ini gara2 ajaran sesat JIL dan sekularisme

  61. The website is excellent, I visit it regularly and always has interesting information. Viewed and very well-organized.

  62. mari kita ciptakan perdamaian di dunia ini, di mulai dari diri kita dan lingkungan kita

  63. kenapa islam selalu disudutkan?!! padahal sebenarnya dalam hati mereka, mereka merasakan bahwa islam membawa kedamaian dan membawa rahmat di bumi ini, tapi mereka mangingkarinya

  64. jujur saja ulil, kan emang kamu cari uang dari me liberalisasikan Islam, dr mana dana JIL dan produk buku2 pendukungnya termasuk LKiS

  65. The U.S. has no business becoming the “world police”. This is against international law and shows that we’re still stuck in the age-old concept of “might makes right.

  66. Ulil… Ulil… ampuuun dah, gitu tuh kalo manusia menjadikan akal sebagai Tuhan :hammer

  67. wah…mas, saya paling seneng pas bagian “Diskusi saling tukar pikiran kemudian terus berlanjut kembali dengan seru, sampai akhirnya kami sepakat untuk saling tidak setuju (agree to disagree)”
    Agree to disagree, bener2 diskusi via twitter yang berkualitas

  68. Salaam,

    Very sad to see atrocities in the world.

    May peace be on to you
    Jay

  69. Hey,

    I completely agree with what others are saying here. Its not too often that I leave comments – but its a different case here, your website truly gives value to people and I appreciate that. Thanks

  70. negara2 islam bisa menang kalau bersatu seperti pada jaman Rosul, saat ini semakin banyak kelompok yang mengatasnamakan islam dan membuat nama baek islam tercemar. Thx for infonya….

  71. hehehe , like it so much… agree to disagree. ama ulil mah, emang kudu agree to disagree kaya’ na, abis dia suka pake mindset pokokna ,hehehe, jgn2 ulil mikir sebaliknya :d salut buat bang harry

  72. Ulil has USA mindset too much in his brain. Every logic he made just copycatting from the US media. Look at such words as “less evil” “responsibility” etc

  73. Saya belu tahu persis pemahaman ttg JIL,slma itu ga teralu kluar dari kaidah islam yg sesungguhnya sih mnrt sy ga mslah

  74. Tidak banyak yang tahu tentang Ulil Abshar Abdalla sebagai tokoh JIL yang kontroversial, tp jika hanya sebatas pendapat dan pemahaman dia tentang islam sy rasa sah2 saja

  75. yah mas, yg namanya JIL ya JIL… liberal…. dan dah jelas pasti kbyakan pro amerika. Mo didebatin apapun kl blm terbuka pintu hatinya percuma.

  76. seru lah perang argumentasinya..
    ulil cuma cari sensasi.. sampe2 senior2nya di NU kelabakan ngurus kelakuan orang kayak gini..

  77. Saya yang awam ini jadi dibuat bingung aja… Saya mendukun mas Harry yang berani kritis… hidup mas Harry…

  78. diskusinya bgus om tp binggung jg ngebacanya…,agk rumit….hehehe
    taw q ndiri yg bikin rumitttt…,hehehe
    slam kenal deh om…

  79. saya sangat setuju jika sekarang sudah saatnya kita menyatukan misi untuk tidak memecah belah umat.

  80. It Will only give birth to more atrocities and people never seem to notice while They answer guns with guns They only get more bullets and bombs. By using the twitter to discuss the agree or disagree.

  81. wah… obrolan yang bagus terlalu syang untuk di lwatkan..
    ijin nyimak masbro. salam kenal.
    @ ALL : kta harus banyak2 bertasbih, di jaman keterbukaan logika skrng ini…
    untuk yang butuh tasbih silakan kunjungi blog ane Tasbih Cantik
    jiaaah… promosi 😀

  82. pendapat saya mengenai muslim itu indah baik rela berkorban bagi sesamanya saling bantu membantu istilah orang jawa seng entengan dadi menungguso artinya yang gampangan jadi orang sesamanya pasti akan aman tentram yang pastinya orang jadi segan dan sopan asal kita baik sesamanya Amin.

  83. iya dong om udeh damai besok libur hehehh bisa tenang istirahat ngak kenal macet jakarta

  84. oh sob pertamak.
    oh ya sob ada yang ane tanyaan nih? kalo buat komentar dikasih nomor kaya web punya sob gimana sih caranya?
    kasih pencerahan sob ane newbie blogger

  85. pertama sy setuju dengan anda,ulil orang yg aneh untuk orang muslim[blk dia orang muslim] bush pembantai . but inilah diskusi yg menarik.ada yg setuju ada yg tidak ,but liahtlah kenyataan jgn islam di jadikn kambing hitam..hmmm

  86. wah, jarang banget ada diskusi positif seperti ini di dunia islam sekarang,
    mantap
    salam kenal dari #Islam Rasional

  87. The loss of one human life is a loss of humanity, one murder is equal to the murder of the whole mankind, yet no body cares any more which is said to say the least.

    Ralph

  88. Marilah saling menghargai pendapat orang lain. Kita jadi belajar melihat suatu pendapat dari berbagai sudut pandang.

  89. it reminds me about 10 yrs ago when he tried to interpret Al Quran verses with his own narrow-mind. Someone then asked him “what makes you feel you have the abilities and qualified to interpret Al Quran verses ? Who gave you the right to interpret it as you wish ?” He then choked and stay silent, no more interpretation comes out from his “mouth”…

  90. hemm lebih baik mari berkaca diri kita sendiri kalau sudah lebih baik baru kita berkomntar ke yang lain.

  91. bener kata Agan Sanusi, Kita orang Indonesia emang paling jago kalo disuruh komentar, padahal belum tentu smua itu benar/salah.
    kebenaran sesungguhnya hanya Tuhan yang tau. sedangkan kita hanya “Seolah-olah”

  92. banyak betul yang koment jadi pingin ikutan, apakah islam itu liberal, demokrasi atau apa..? saa juga tidak tahu..tapi yang pasti mari kita bersatu wahai umat muslim jagan mau di pecah belah..merdeka

  93. this is an example of Twitter being used effectively to convey your point! when will there be a new update?

  94. wah, mantaab sharenya mas … ajarin saya dong, bila berkenan, silahkan kunjungi warung online saya yaah .. kasih masukan , dan saran yah , terima kasih

  95. so aktif itu akan di benci orang bila karna hanya ingin di puji oleh sese orang

  96. halo juragan saya beribu-rubu maaf tolong jangan kirimm email ke saya donk, emang apa sih maksud nya gak ada untung nya tau buat saya, mohon mengerti juragan yang baik hati

  97. Semangat Bang Harry. Kita tidak boleh diam dari pernyataan orang yang melecehkan agama kita padahal dia juga mengaku muslim. Kita harus tetap membela agama kita yang bersih nan suci. ALLAHU AKBAR

  98. Saya kurang setuju dengan komentar bung Ulil Abshor, karena dia adalah salah satu kaki tangan AS untuk menghancurkan internal umat.Dia dan tokoh-tokoh JIL dibiayai dan dibina AS untuk berbagai kepentingan.Menurt hemat saya, apa yang dikatakan bung Ulil bukanlah suatu kebenaran, namun berisi banyak kebohongan.Dia pintar sekali memutar balikan fakta

  99. pagi pagi dah nongkrong di twitter,

    jadi teringat doeloe, pagi-pagi dah nonton kartun di RCTI

  100. Saya berpendapat selama AS merasa dirinya sbg polisi dunia, dan menggunakan kekuasaan dan menggunakan cara sebagaimana cara teroris, maka teroris tidak akan hilang dari dunia ini. karena itu adalah perlawanan dari ketidakadilan dan kesewenag-wenangan

  101. Amerika memang negara yang “Sok” selalu menganggap dirinya yang paling benar…Padahal kelakuannya melebihi Teroris yang laknat

  102. aku nomer ke 506 kern banget, pak temenku tadi ikut baca postingan anda eh dia bilang “mbok ya dikasih terjemahan bahasa ingrisnya biar yang goblok bisa ikutan menikmati”. thanks

  103. Hendaklah diskusi dengan seorang Ulil berhati-hati. Semoga Allah tunjukan kita pemahaman yang haq.

  104. Yang jelas semua sudah ada yang mengkodar . .
    entah itu benar atau salah . tapi setiap golongan menganggap golongan masing-masing adalah benar .
    Tapi kebenaran itu hanya milik Allah , jadi serahkan semua pada Allah .

  105. mantaf mas..
    cara2 seperti ini yg perlu di kedepankan di banding harus dengan jalan kekerasan..
    salut tuk mas harry

  106. çok kaliteli sikiş videoları izlemek için sitemizi ziyaret edin gizli çekim sikişme videoları seyredin

  107. Ulil Abshar Abdalla memiliki komentar yang sangat menarik! Terima kasih untuk wawancara ini dan saya berharap Anda memperbarui blog Anda segera. Silahkan posting artikel baru!

  108. Hehehehe, si ulil masih tetap yang dulu: mendukung tidak ada kebenaran “mutlak”, tapi kesana kemari mempromosikan yang “mutlak”.

    BTW, Reply blog-nya jadi ajang “nyampah” mas?

  109. nice… seru sekali, pak. saya jadi tegang baca balas2an twit-nya. kedua pihak masing2 punya argumen, dan masing2 menganggap benar argumennya. saya sendiri salah satu yg kontra dengan invasi militrer amerika.

  110. This website is very interesting, very nice arrangement of templates also do not forget to visit my blog …. good luck

  111. Rumahku dibelakang kantor JIL, waktu itu pernah aku ktm ama ulil…. liat mukanya aku terbayang dajal yang ada bedanya ama US dan Israel

  112. saya tidak suka dengan Ulil Abshor karena dia telah mengejarkan pemikiran liberalisme di negeri ini yang justru akan menghancurkan umat islam

  113. Atrocities will never be the solution to peace. It will only give birth to more atrocities and people never seem to notice while they answer guns with guns they only get more bullets and bombs. One way or the other, they’re both losers in the end.

  114. Well done. Ulil is far more nationalist american than an american citizen then, right? He’s just a puppet. no more than that

  115. Belstaff has been making exceptionally designed outerwear since 1924. Belstaff Jackets earns a cult following among everyone from film stars to road warriors.

  116. Saya sangat tidak suka ulil yg katanya sok inteletual islam padahal goblok! Ulil murni produk zionis dan sudah di setting utk mencampur aduk islam dg agama lain. Herannya manusia macam ini laris dipakai di negeri ini (media kita ter brain wash amerika).

  117. a lot of smart people, but hard to find people who are smart, what more intelligent and knowledgeable never brags … congratulations for the fasting that running fast in the holy month

  118. Waktu membuktikan, ternyata menyeleaikan masalah libya ngga segampang yang dipikirkan ulil 😉

  119. Ulil diladeni, yg pantes ngeladenin ulil cuman orang mabuk bang, jadi, cuekin aja tu oran.. hehehhe
    salam trading

  120. saya setuju dgn om harry sufehmi, setiap negara berhak menolak intervensi pemerintah asing dalam urusan dalam negerinya. lagipula apa kepentingan AS dalam urusan dalam negeri negara lain?, kemanusiaan?. apa gunanya PBB?. well, itu cuma pendapat awam saya saja. 😉

  121. ternyata ulil itu liberalis yang merupakan titipan AS untuk mengahncurkan pemahaman akidah umat islam lho…..

  122. Hahaha… lagi2 si ulil

    Dia itu dukung anteknya amerika, jelaslah bagaimanapun yang salah tetap muslim (muslim sebenarnya, bukan liberal) menurut dia. Yang teroris itu adalah orang Islam. dan amerika adalah Yang paling baik. 😀

  123. Salam sejahtera … hmm wah senang sekali saya bisa menemukan website seperti ini tadinya saya selalu mencari informasi apapun lewat paman Google sewaktu melihat kesana kemari ternyata informasi yang saya dapatkan dari website anda berguna sekali buat saya, terus kembangkan selalu website ini saya yakin dengan selalu update dan fress kontennya dijamin Oleh paman google akan memberikan Penghargaan berupa Pagerank dan backlink yang berbobot. Lain waktu saya akan berkunjung ke website ini lagi untuk mencari informasi yang tentunya unik. Salam super dari saya dan sukses buat kita semua yaaaa…

  124. pak Ulil memang salah satu pemikir
    meski dari lingkungan pesantren tradisional namun pemikirannya jauh ke depan

    tapi denger2 banyak pernyataan2 beliau yang kebablasan…..
    benar ndak sih ?

  125. Some female may like to experience differtn taste, then Mulberry Satchel can never be missed. 2011 newest Mulberry Roxanne Bags are famous for the cute pockets and high quality.

  126. Betul Pak, … Budaya berdebat dengan cara yang bijak dan argumentatif perlu sering dilatih

  127. saya suka dengan kata ” slow down “, apa jadinya kalau kita berdebat dengan perut lapar. perdebatan yang seru dan bijak, patut di tiru…

  128. Prinde filmul de 10 si cele mai noi filme aparute.Detalii despre filme, actori si noutati din lumea filmelor.

  129. Hendaklah berhati-hati berdiskusi dengan seorang Ulil. Semoga Allah memberinya hidayah, dan Mas Harry Allah beri Rahmat.
    Terima kasih.

  130. semoga ulil cepat sadar dan berusaha kembali kepada kebenaran (alQuran , dan Sunnah Di atas pemahaman sahabat Rasulullah).

  131. ULil sok pinter. Kalo ngomong gak ada parameter/saringannya. Saya pernah tuh intercept Tweps yang agak ngaco. Untung reply saya gak dibalas. Bisa panjang kali lebar.

    Pake bahasa inggris SAGALA nge-tweeps. Emang bahasa inggris akan menunjukkan daya intelektual dan isi.

    Smoga berhala macam ulil cuman atu di negara ini.

  132. Haduh, menurut aku diskusi di atas sangat bagus… memberi kepuasan intelektual… tapi puyeng juga sih mbacanya… Dunia ini memang panggung sandirawa.. hehe..

  133. Gan mau numpang bertanya nih, liberal yg dimaksud sama kang Ulil itu apa sih ? Kedengarannya manis tp serem deh.
    Salam buat semuanya aja.

  134. This is an amazing blog post.You really gave a very good information best price deals.it was too good.keep up the good work..

    thank for you..

  135. very nice blog posting. and good information this information is very use full to me i like this type of blog posting.really good information.

  136. permisi gan …
    kalau boleh berpendapat, memang tidak boleh ada yang mengintervensi negara lain walaupun dalam suatu negara tersebut sedang ada konflik.
    ini nantinya akan timbul kepentingan2 dari negara yang mengintervensi.
    mungkin niat awalnya memang baik, untuk menghentikan sebuak diktator yang telah membunuh banyak orang demi melanggengkan kekuasannya, dalam hal ini apa yang agan sampaikan memang tepat.
    biarkan pihak yang berwenang dalam hal ini pbb yang menyelesaikannya, walaupun tetap saja mereka akan memakai ‘jasa’ dari negara2 anggotanya yang kuat.
    lagi2 disini yang kemudian bisa menimbulkan problem, karena tiap2 negara yang mau ikut membantu pasti mempunyai kepentingan yang ber-beda2.
    namun yang terakhir saya sampaikan ialah … mungkin ini sudah kehendak yang kuasa …

    hormat

  137. pemikiran moderat .. seringkali berbahaya bagi orang awam yg tidak punya dasar agama yg baik .. salam kenal gan dr jogja .. 🙂

  138. Thanks for the post, good info. its hard to find useful information these days. every blog or site you go to is just copy posting the same old content just to be “blogging”. its refreshing to hear something different, no matter the topic. anyway thank you.

  139. Useful article, thanks for taking the time to compose it. keep it up Check out this guy

  140. Pingback: fat loss workouts
  141. Pingback: Kopi Luwak
  142. Kan ulil itu salah satu jubirnya amrik, jadi ya jelas dia akan bela amrik abis-abisan. Tapi nanti kalo amrik udah gak ngasih duit lagi ke dia mungkin jadi lain ceritanya. Wallahu a’lam.

  143. Salam kenal aja deh pak dari Ranseloke.com walau kita ga ngerti-ngerti amat ama masalah yg ginian… ikut menyimak aja

  144. debat antar orang cerdas itu jadi nambah cerdas, gan! Untuk keduanya dan untuk si pemirsa

  145. gak begitu paham nih diskusinya…abis bs inggris sih 🙁
    tp menurut sy masih sangat banyak PR di negara kita, sebelum kita ngurusi urusan di luar sana…

  146. yah begitulah..salam kenal ah mas..diskusi yang sangat menarik..meskipun agak sedikit bingung 🙂

  147. Ulil tidak usah dilayani mas, berdebat dan dialog dengan orang yang rusak akidahnya seperti itu hanya membuat hati menjadi keras, perkaranya jelas, dan kebatilan yang ada pada ulil dan orang-orang bersamanya jelas seperti matahari di siang bolong.

  148. Betul Pak, … Budaya berdebat dengan cara yang bijak dan argumentatif perlu sering dilatih

  149. Mantapp Mas…emang orang kaya si ULIL tuh mesti dilawan dengn pemikiran-pemikiran !!

  150. Makasih info-nya Mas…semoga Mas diberikan kekuatan dalam mendebat orang-orang kaya si Ulil ini…!!

  151. satu sisi adanya ulil bikin kita lbh aware tentang agama kita sendiri, tp sisi lain bikin resah bwt kita2 yang lebih senang bersikap moderat.

  152. Keep up the great work , I read few posts on this internet site and I believe that your blog is real interesting and has got lots of wonderful information.

  153. It’s the best time
    to make a few plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this
    post and if I may I desire to suggest you some interesting things or
    suggestions.

  154. tidak usah dilayani massss ulil itu.hanya membuat hati menjadi keras.berdebat dan dialog dengan orang yang rusak akidahnya………..

  155. parabens, gostaria de saber se eu poderia compartilhar
    com os usuarios de meu site algumas informaçoes desse blog?

  156. ya itulah kehidupan, selalu diwarnai perbedaan cara pandang. Kullu ro’sin ro’yun (setiap kepala mempunyai ide masing2). yang terpenting adalah bagaimana kita bisa terhindar dari permusuhan atas semua perbedaan yang terjadi…

  157. ARTIKEL YANG MENARIK, bermanfaat , yah ,, aku mah bosen denger komen yg begituan ,,, jhahahahah

    aku gax tau mau komen apa juga cih ,,,

    cman pengen dapat backlink gratis

  158. Postingan yang menarik tp harus berhati2 dengan orang JIL
    Dari aspek sosial mereka sih ok2 sj
    Tapi dari perspektif Islam, mereka sudah melenceng dari jalur

    Yang namanya akidah tidak bisa diliberalkan!

  159. diskusi yg menarik .. cuma nanti kalau ngetweet lagi sama ulil bilangin aja jangan bawa2 soal agama kalau ngehakimin orang ^^