Pengajian Hikmah :: Pagi ini, ba'da sholat Subuh, mendapat nikmat mendengarkan…

Pengajian Hikmah :: Pagi ini, ba'da sholat Subuh, mendapat nikmat mendengarkan ceramah ustadz Habibullah, di Masjid Baiturrahman, Pondok Pinang. Ada banyak hikmah yang dibagikan oleh beliau pagi ini.

# Mari kita anggap pagi ini sebagai kesempatan baru kita / second chance, setelah tadi malam kita mati (tidur), dan alhamdulillah masih dihidupkan kembali oleh Allah swt.

Mari kita manfaatkan hari ini sebaik-baiknya, seakan-akan ini adalah kesempatan / hari terakhir kita di dunia ini.

# Ayat-ayat Kauniah (alam/sains) luar biasa banyak di sekitar kita sebagai pengingat & tanda-tanda keberadaan Allah swt.

# Al-Quran memberikan isyarat, Iptek/sains memberikan bukti.

# Ketika memberikan pengajian di Kejaksaan Agung, saya katakan bahwa ketidak adilan adalah penyebab banjir (audiens tertawa)

# Kita hidup di Kerajaan Allah, yaitu di tempat bernama Bumi. Namun kita malah terus melakukan tindakan-tindakan "subversif" — di antaranya yaitu dengan merusak alam/bumi.

# Jika ketaqwaan umat Islam turun, maka Allah akan mencabut ilmu. (lalu beliau mengucapkan dalilnya, tapi saya luput mencatatnya)

Ini sudah selalu terbukti sepanjang sejarah. Ini salah satu sebab kenapa saat ini umat Islam terpuruk di sisi teknologi.

# Agama dipahami secara artifisial, lepas dari konteks. Alhasil tetap bisa terjadi berbagai hal aneh, seperti korupsi besar justru terkait Haji di departemen Agama, diperkirakan Rp 80 trilyun

# Jangan lakukan studi kritis terhadap kebijakan Allah, contoh : protes kenapa Adam as tinggal di Surga dulu (padahal nantinya akan menjadi Khalifatul Ardh / pemimpin di Bumi), tapi, lakukan studi analisis, untuk mendapatkan hikmahnya.

# Di dalam Quran disebutkan bahwa ada patahan-patahan di dalam bumi (menarik, sayang ayatnya tidak disebut)

# Tidak semua orang harus menjadi orang "sukses". Setiap orang hanya dimintai pertanggungjawaban oleh Allah tergantung dari kemampuannya.

Sahabat penuang air wudhu Rasulullah bisa masuk surga, padahal bukan orang yang jenius atau sukses, hanya orang "biasa" saja.

Tapi, ybs punya ambisi/keinginan, yaitu untuk terus bersama Rasulullah; selama di dunia ybs bisa selalu menemani Rasulullah, dan ybs menyampaikan keinginannya untuk juga bisa selalu bersama Rasulullah di surga.
Maka Rasulullah khusus mewasiatkan ybs, untuk memperbanyak sujud.

# Salah satu sumber penyebab masalah di zaman kita ini adalah kita terlalu fokus ke mendapatkan hak kita – namun, kita malah lupa dengan pentunaian kewajiban kita.

Ustadz kemudian minta maaf karena terlalu lama berceramah, audiens bersahutan mempersilakan terus, saya bengong karena baru sadar bahwa ternyata, sudah satu jam waktu berlalu.

Alhamdulillah, hari ini dimulai dengan pagi yang penuh dengan pelajaran hikmah.

Catatan: kelepasan ketawa ketika ada audiens yang bertanya soal buku "Borobudur & Sulaiman", dan dijawab oleh ustadz dengan "itu buku yang menafsirkan Quran dengan othak athik mathuk" πŸ˜€ #mulesο»Ώ

Post imported by Google+Blog for WordPress.

90 thoughts on “Pengajian Hikmah :: Pagi ini, ba'da sholat Subuh, mendapat nikmat mendengarkan…

  1. Alhamdulilah bisa barokah membacanya karena di pagi hari kita bisa mendapatkan safaat dari artikel diatas dan bisa dicobanya setiap pagi karena nanti insaallah bisa bermanfaat dan bisa untuk menambah ilmu untuk kita.

  2. Banyakbanyak kita mendengarkan ceramah kita juga banyak mendapa pahala karena kita bisa ambl hikmahnya dari ceramah tersebut dan kita juga bisa ambil sifat baiknya.

  3. Subhanalloh, ayat-ayat Al-Qur’an adalah obat penenang bagi semua penyakit πŸ™‚

  4. Aku senang pagi-pagi ada ceramah atau pengajian yang bagus, katanya jika kita memperbanyak mendengarkan ceramah pahala kita akan bertambah. dan dengan adanya ceramah kita bisa mengambil manfaat yang positif dari isi ceramah tersebut.

  5. “# Salah satu sumber penyebab masalah di zaman kita ini adalah kita terlalu fokus ke mendapatkan hak kita – namun, kita malah lupa dengan pentunaian kewajiban kita”

    Ngena Banget..

    Thanks

  6. alhammdullilah… dpt pncerahan di minggu siang nan mendung ini di jaksel.. :).

    tx min… πŸ™‚

  7. Banyakbanyak kita mendengarkan ceramah kita juga banyak mendapa pahala karena kita bisa ambl hikmahnya dari ceramah tersebut dan kita juga bisa ambil sifat baiknya.

    salam Admin : Sundulbet.com
    www:sundulbet.com mohon untuk kunjungannya.

  8. “Tidak semua orang harus menjadi orang “sukses”. Setiap orang hanya dimintai pertanggungjawaban oleh Allah tergantung dari kemampuannya.”

    Menyentuh sekali petikan kalimat kalimat di atas

  9. memang keimanan manusia itu kadang naik dan kadang turun, jadi kajian -kajian sehabis sholat subuh sangat di perlukan untuk kembali meningkatkan keimaan kita kepada Alah SWT, succes slalu gan ……. ditunggu lagi artikel kajianya , makasih

  10. Di dalam Quran disebutkan bahwa ada patahan-patahan di dalam bumi (menarik, sayang ayatnya tidak disebut)

    Mungkin benar adanya bahwa saya hidup di dekat patahan patahan tersebut sehingga potensi gempa sering terjadi

    Maha Benar Allah dengan segala Firman Nya

  11. Kepentingan dunia dan akhirat itu tidak sama ibarat kita kita membenamkan jari ke lautan air yang trtinggal di jari itu Ibarat dunianya air laut itu akhiratnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *