GAIM: solusi komunikasi internal perusahaan

1. Sebuah perusahaan membutuhkan chatroom untuk komunikasi internalnya. Terutama akan sangat berguna untuk virtual meeting dengan kantor-kantor cabang.
Tetapi, fasilitas chatroom di berbagai pemberi layanan IM (Instant Messenger) di non-aktifkan. Chatroom public tidak bisa digunakan, karena bisa menyebabkan kebocoran rahasia perusahaan.

2. Selain itu, perusahaan ini menggunakan berbagai layanan IM untuk berkomunikasi baik internal maupun external (customer); ICQ, Yahoo Messenger, dll. Ada komplain bahwa ini menyebabkan terlalu banyak software yang terpasang di komputer user.

Solusi: Gaim.

1. Dibuat sebuah chatroom di irc.freenode.org, yang kemudian di set sehingga secret (tidak terlihat di channel list) dan kemudian di proteksi lagi dengan password. Kemudian dibuatkan sebuah account untuk setiap user, yang masing-masingnya diproteksi dengan password.

Namun pemakaian di user sangat mudah, cukup dengan dobel-klik di icon chat yang telah di setup.
Maka otomatis Gaim akan meng otentikasi user di jaringan Freenode, dan setelahnya meng otentikasi user di chatroom perusahaan.

Nilai plus; user bisa saling mentransfer file di chatroom tersebut (karena Gaim mendukung protokol transfer file dari IRC)

2. Gaim bisa berantar muka (interfacing) dengan berbagai layanan IM tersebut. Sehingga berbagai software client dari IM tersebut bisa dihapus, dan diganti dengan sebuah instalasi Gaim saja.

3. Nilai plus; karena Gaim tersedia baik di Linux maupun Windows, maka bisa dilakukan standarisasi IM client di perusahaan ini.
Tech.support hanya perlu berurusan dengan satu software IM – bukan banyak seperti sebelumnya.

[ Gaim : http://gaim.sourceforge.net ]

7 thoughts on “GAIM: solusi komunikasi internal perusahaan

  1. kok gaim sih :-/ bukannya netmeeting lebih bagus … di linux juga ada klien nya kalo ngga salah seh …

    lagian napa ngga pake ircd sendiri ajah :-/

  2. Makasih pak Harry untuk informasinya. Saya baru mo nyoba Gaim untuk Mac, punya reference-nya ?

  3. Bad idea, komunikasi GAIM ke IRC server merupakan clear text yang mudah disadap, apalagi kalo ada pemakai wi-fi. Sebetulnya bukan ide yang bijaksana melakukan chat yang mengandung rahasia perusahaan ke public server.
    Mungkin bisa coba produk dari Sun One yang bisa melakukan secure chat

  4. #1 – kebetulan tidak butuh teleconferencing, lagipula netmeeting SANGAT menghabiskan bandwidth. Kalau di Indonesia cuma akan membuat stress peserta teleconferencing karena lambatnya (kecuali kalau mau bayar ratusan juta rupiah per bulan untuk bandwidth besar).
    Pasang ircd sendiri bukanlan hal yang mudah – proses setupnya tidak sebentar, lalu harus di-harden / diamankan, biaya sewa server, dst. Sehingga menggunakan server yang sudah ada menjadi jauh lebih menarik untuk kasus ini.

    #2 – wah, maaf mbak Ambar, kebetulan saya tidak pengalaman dengan Mac 🙂 mungkin ada rekan yang lain yang bisa membantu ?
    Atau, kalau mbak Ambar ada bergabung di milis / forum Mac, mungkin bisa ditanyakan disitu. trims.

    #3 – Rahasianya kebetulan enggak rahasia amat… tidak bisa didiskusikan di chatroom public, tapi di lain pihak juga bukan mendiskusikan resep rahasianya KFC 🙂
    Kemudahan pemakaian juga menjadi prioritas. Kebetulan tidak ada yang menggunakan wi-fi. Jadi untuk kasus ini, IRC sudah mencukupi.
    Oh ya, ircd juga bisa disetup supaya secure. Contoh tutorialnya [ bisa dilihat disini ]

  5. #4 ircd-nya emang bisa disecure, tapi hampir ndhak ada IRC client yang bisa pakai SSL

    #5 tetap saja walaupun tunnelnya secure, ada masalah di authentifikasi pihak yang terlibat komunikasi. Percuma juga punya secure communication tapi ngobrolnya sama impostor.

  6. Thank you for any other fantastic article. Where else could anybody get that kind of info in such an ideal manner of writing? I have a presentation subsequent week, and I’m at the search for such info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *