Seminar: All about Ubuntu – FKI @ JCC

Iseng-iseng pagi ini saya melihat-lihat kumpulan draft yang ada di blog saya, lha ternyata saya belum posting soal hasil seminar ini tho ! 😀 Alamak…. kirain sudah, hihihi.
Padahal sudah banyak event selanjutnya, hehe… termasuk seminar Ubuntu lagi di JHCC dengan jumlah peserta yang jauh lebih banyak lagi daripada yang ini.

sufehmi @ FKI

Anyway, ya inilah kebiasaan saya yang terpaksa dilakukan karena keterbatasan waktu yang ada — ketika ada waktu luang, saya langsung posting banyak sekaligus. Nah, kemudian posting tersebut akan terus muncul satu per satu secara otomatis, walaupun sebetulnya pada saat tersebut saya sedang tidak menyentuh blog saya. Sangat membantu sekali.
Cuma ya jadinya begini, kadang-kadang ada posting yang belum selesai, tapi lupa saya follow up 😀

OK, kembali ke seminar Ubuntu; yang saya masih ingat adalah keterkejutan saya karena ramainya peserta. FULLY BOOKED, sejak ***beberapa hari*** sebelum acara 😀
Absolutely awesome !
Alhamdulillah respons dari masyarakat sangat antusias. Kami jadi bertekad untuk berusaha melayani dengan sebaik-baiknya agar tidak mengecewakan.

Acara dibuka oleh Andi Darmawan, ketua komunitas Ubuntu Indonesia. Pada sesi tersebut diperkenalkan mengenai Ubuntu, serta demonstrasinya secara live. Mungkin kita sudah biasa menggunakan Ubuntu sehari-hari, namun bagi banyak orang ini masih merupakan sesuatu yang baru dan sangat menarik. Tidak lupa juga didemokan berbagai efek 3D built-in dari Ubuntu — yang juga bisa dinikmati bahkan tanpa perlu ada 3D accelerator card di komputer Anda !
Sangat memikat tentunya.

edi setiawan @ FKI

Kemudian dilanjutkan dengan selingan ringan yaitu film Elephants Dreams, film pertama di dunia dengan lisensi open source (creative common), dan juga dibuat 100% dengan software open source.
Hasilnya tidak kalah dengan film-film dari raksasa Hollywood. Hadirin nampak menikmatinya, dan saya sendiri (karena dulu sempat berkutat di bidang 3D rendering / animasi secara amatir) sangat terpukau dengan apa yang saya saksikan.
Dulu bidang ini hanya bisa dilakoni oleh mereka yang memiliki akses ke software 3D dengan harga yang luar biasa mahal. Kini, siapa saja bisa menikmatinya.
Bravo open source !

Setelah itu acara dilanjutkan oleh Edi Setiawan dari KSL-UBL (Kelompok Study Linux – Universitas Budi Luhur), yaitu berupa tutorial Blender. Terus terang pada saat ini saya tidak terlalu bisa memperhatikan, karena sedang sibuk memeriksa ulang bahan presentasi saya.
Padahal saya juga ingin tahu secara lebih detail mengenai Blender sebetulnya. Nasib…. 🙂

Terakhir giliran saya, dimana kemudian saya membawa materi seputar Ubuntu dan pemanfaatannya secara riil (perusahaan, institusi, dst), dan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
Surprise – animo peserta sangat luar biasa. Sesi tanya jawab akhirnya terpaksa saya cut, karena kita melebihi batas waktu yang diberikan 😀
Sangat banyak pertanyaan yang disampaikan. Memang informasi seputar Linux/Ubuntu masih sangat diperlukan oleh masyarakat kita. Dan dari setiap pertanyaan, juga menjadi diskusi yang sangat menarik. Ini adalah salah satu tantangan kita, para aktivis open source, yaitu untuk bisa mendengar pertanyaan mereka, dan kemudian menyampaikan jawaban/solusi yang mereka butuhkan.

Tidak mudah, makanya namanya adalah “tantangan” 🙂

Setelah melewati batas waktunya, akhirnya seminar ini berakhir. Tidak lupa kami menyampaikan banyak terimakasih kepada tim majalah CHIP Indonesia yang telah berkenan mengundang kami untuk mengisi acara tersebut.
Semoga selanjutnya makin banyak kerjasama yang bisa kita lakukan, Amin.

Dan tentu saja terimakasih kepada semua peserta & tim ubuntu indonesia yang telah hadir. Semoga acara-acara kita selanjutnya terus semakin sukses.
Maju terus open source Indonesia !

20 thoughts on “Seminar: All about Ubuntu – FKI @ JCC

  1. Urun perbaikan sedikit, Elephant Dream belum dibuat 100% dengan software open source, tapi baru 92% (12 dari 13 software utama) karena masih ada satunya yang bukan open source, yaitu Reaktor (en.wikipedia.org/wiki/Reaktor).

  2. wah keren acaranya. file presentasi nya ada gak mas harry. biar bisa dibaca oleh saya dan mungkin rekan-rekan yang lain.
    Semoga linux mewabah di Indonesia dengan cepat.

  3. Ingin membuat website?
    Ada webhost gratisan yang mungkin perlu Anda kunjungi.
    – 250 MB of Disk Space
    – 100 GB Bandwidth
    – Your own domain hosting
    – cPanel Control panel
    – Over 500 website templates ready for download
    – Free POP3 Email Box and Webmail access
    – FTP and Web based File Manager
    – PHP, MySQL, Perl, CGI, Ruby.
    – No Ads at all ! (Ini yang paling asik, ga ada iklan orang yang ditampilkan di sini)
    Berminat? Masuk aja ke
    http://www.000webhost.com/48154.html

    Belum punya domain? Masuk aja ke
    http://www.co.cc/?id=141074
    Gratis
    Domainnya bias digabung dengan webhost yang gratisan tadi

  4. Setelah Orange’s Elephants Dream, Blender Foundation merelease lagi film kedua lebih mengesankan yaitu Bug Buck Bunny (www.bigbuckbunny.org) pada 10 April (Premiere) dan 20 Mei (DVD) kemarin.

  5. Saya sebenarnya sangat tertarik dengan ubuntu. Tapi saya terkadang merasa takut kalau ada masalah ga bisa nangani. Emangnya apa ubuntu sebagus windows

  6. I know that computer is a necessary for most of people. People can’t work without computer. With the development of tech. More high speed computer was develped and people can improve the work easily. Happy every body.

  7. Thanks for the posting. I have constantly noticed that many people are eager to lose weight simply because wish to look slim as well as attractive. Having said that, they do not usually realize that there are additional benefits for losing weight additionally. Doctors declare that overweight people have problems with a variety of disorders that can be perfectely attributed to their own excess weight. The good news is that people who definitely are overweight in addition to suffering from diverse diseases can reduce the severity of their particular illnesses through losing weight. It is easy to see a progressive but marked improvement in health whenever even a moderate amount of fat loss is accomplished.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *