Wirausaha

Nabi saw bersabda :
Perhatikan olehmu sekalian, sesungguhnya perdagangan itu di dunia ini adalah sembilan dari sepuluh pintu rezeki
( HR Ahmad ).

Demikianlah besarnya rezeki yang bisa didapatkan di dunia ini, dibandingkan dengan rezeki dari yang bukan berdagang. Maka alangkah baiknya jika kita bisa turut menjadi seorang pedagang seperti Nabi saw juga.

Beberapa tips untuk para calon wirausahawan/wati :

  • Tidak punya modal ? Orang tua saya memulai usahanya hanya dengan modal kepercayaan – ada supplier tekstil gulungan yang percaya kepada mereka. Maka bapak saya kemudian bisa menjualkan tekstil tersebut dan baru membayarnya setelah laku. Kini bapak saya sudah memiliki sekitar 10 buah toko miliknya sendiri, dan sudah bebas dari hutang kepada bank.
  • Gigih, hemat, tidak takut hidup menderita : ini adalah sifat-sifat yang penting dimiliki oleh seorang calon wirusahawan. Kalau tidak, maka Anda harus bersiap-siap untuk gagal.
  • Pembukuan : percaya atau tidak, banyak pedagang yang tidak melakukan pembukuan dengan benar! Ini mungkin adalah sebab utama kebangkrutan usaha.
  • Dukungan keluarga: dukungan dari keluarga, terutama sekali dari istri, adalah vital bagi seorang wirausahawan. Apalagi jika sebelumnya sudah terbiasa mendapat pemasukan rutin dari gaji bulanan sebagai pegawai, berbagai cobaan sewaktu memulai usaha bisa memusnahkan semangat juang seseorang yang gigih sekalipun dalam waktu singkat. Dukungan dari istri dapat membantu memulihkan kepercayaan diri Anda, dan memungkinkan Anda untuk meneruskan perjuangan Anda.
  • Lokasi: Jika Anda berhasil mendapatkan lokasi yang bagus dengan harga yang wajar, maka Anda sudah memenangkan sebagian besar perjuangan Anda.
  • Staf : pegawai yang jujur adalah salah satu aset yang paling berharga bagi seorang wirausahawan. Pegawai yang pintar, jujur, dan punya inisiatif yan bagus tentu saja ideal, namun yang paling utama adalah kejujuran.

19 thoughts on “Wirausaha

  1. Assalamu’alaikum, mumpung ini ttg wirausaha bolehkah ana numpang nginformasiin dua produk ana. Ana sendiri baru dua minggu ini dapet job sbg marketer online, ya itu tadi, pertama Baby Book lewat URL pertama. Kedua, Superdialup di URL kedua. Syukron banget ya, apalagi kalo ada yg sampai visit kedua URL ana diatas.Wassalamu’alaikum.

  2. ass wr wb
    akh harry,makasih ya atas saran2 antum dalam berwirausaha,tapi ana ingin mencoba seperti yang antum katakan diatas tapi ane belum tau tuh ana cocoknya dimana? dalam hal wirausaha bagaimana ana harus mensikapi hal tsb

  3. Ass,Wr,Wb
    Ane boleh bertanya ga sama antum, begini dirumah ane ada 5 toko yang bersebelahan yang jaraknya kira-kira 1 meter, menurut antum bagaimana ane menyikapinya, satu lagi ane minta website tentang wirausahawan (profil, biodata, kiat-kiat suksesnya dalam berwirausaha, ada-khan, kalau bisa pling lambat besok, kirim ke e-mail ane aja) terima kasih, antum.
    Wass, Wr Wb

  4. saya mahasiswi jurusan ekonomi manajemen,banyak keluarga yg komplain tapi saya pengen membesarkan usaha paving dari abi saya dngn mempunyai bekal ilmu ttg di bidangnya,saya mohon petunjuknya ntar klo’ da saran ato kiat2 seperti diatas aku mau lagi ya.thx ^_^

  5. #4 – Wsww, 5 toko ini maksudnya tipe dagangannya sama, begitu ?
    Kalau demikian, salah satu trik jitu untuk menjadi pemenang persaingan adalah dengan membuat toko Anda menjadi lengkap. Hal ini karena jika ada beberapa pilihan, maka customer cenderung memilih toko yang paling lengkap jenis barangnya.

    Juga, jaga agar jangan sampai terjadi Anda berkata “maaf pak/bu, barangnya lagi habis”. Ini fatal dari segi customer service, namun banyak dilakukan oleh para pedagang.
    Yang harus Anda lakukan adalah “sebentar ya pak/bu, saya ambil dulu barangnya”, lalu ambil barang dari toko yang lainnya. Jual tanpa laba untuk Anda sendiri (jadi Anda hanya membantu menjualkan barang saingan Anda).
    Dengan demikian, customer Anda senang. Untuk selanjutnya, jaga agar ini jangan sampai terjadi lagi (apalagi untuk barang “harian”, barang yang selalu laku setiap harinya).

    #5 – untuk bidang paving, saya kebetulan tidak punya pengalaman yang spesifik. mudah-mudahan beberapa tips “generik” yang ada disini bisa berguna untuk Anda. Semoga sukses selalu.

  6. Assalamu’alaikum WrWb, alhamdulillah ana pegawai negeri nih, tapi sebagai asbab gaji ana enggak cukup kalau buat pergi haji, tolong deh ! kali ade usahe yang mudah supaye cepet bisa berangkat haji, sukron.

  7. mulyono – ikut tabungan haji saja. sekarang sudah hampir semua bank syariah menyediakannya. setiap bulan langsung dipotong dari gaji Anda. jadi tidak teras memberatkan.
    tahu-tahu saja, surprise, Anda sudah mampu untuk naik haji.

  8. Assalamu’alaikum wr.wb.

    Saya ingin berwira usaha tapi bingung harus dalam bidang apa dan dari mana saya harus memulai.Mohon tips dan trik memulai suatu usaha (berdagang) serta referensi buku panduan management berdagang karena saya tidak mempunyai basic ilmu ekonomi.Terimakasih sebelumnya. Wassalam

  9. dedi – bidang usaha: anda harus terjun di bidang yang anda senangi dan/atau anda memiliki keahliannya. Kalau tidak, maka siap-siap saja bangkrut.
    .
    Ketika kita menyenangi suatu bidang, maka kita akan menjadi lebih mampu untuk mengatasi segala rintangan yang akan menghadang.
    .
    Mengenai permohonan tips & trik dalam berusaha : artikel ini adalah ringkasan 30 tahun pengalaman keluarga kami dalam berwiraswasta 🙂
    Monggo jika ada yang bersedia untuk menambahi / melengkapi / mengkoreksi.
    .
    Jika ingin membaca artikel-artikel yang lebih mendetail, silahkan klik beberapa link berikut ini :
    .
    1. Memulai bisnis
    .
    2. Menjalankan bisnis
    .
    Lebih banyak lagi: klik disini
    .
    Semoga bermanfaat.

  10. Assalamu’alaikum WrWb,
    Saya pengen berwirausaha tetapi saya masih bingung, padahal saya mempunyai keinginan yang kuat. Mungkin ada saran yang bisa membuat saya memulai suatu usaha dengan resiko yang kecil atau macam2 usaha apa saja yang bisa untuk saya dan bagimana cara untuk memulainya..

  11. saya seorang ‘buruh’ diperusahaan kontraktor. bisa akses internet tanpa batas..:D (pada saat jam kerja).. karena hal tersebut maka saya sampai terdampar disini (dan belakangan ini saya sedang sering ‘surfing’ di site or blog yang berbau wirausaha/wiraswasta…saya sangat tertarik untuk jadi enterpreneur…apalagi dengan ada nya artikel2(blog2) yang memuat informasi dunia enterpreneur…tapi saya masih belum mempunyai keberanian untuk memulai nya…adakah yang mau berbagi pengalaman bagaimana caranya agar kita bisa mempunyai keberanian menjadi seorang enterpreneur..(red: ada yang mau jadi mentor saya ga ya…:p..)

  12. Ass.wr.wb.

    Karena kebetulan sama-sama suka bisnis, tolong kasih saran dan masukan dong mengenai blog saya dan bisnis saya di andisinan.blogspot.com

    Makasih banyak yah…

  13. ass. harry saya suka tulisan anda. saya berencana buka CD interaktiv, bumper animasi, kebetulan suami saya adalah designer graphic yang cukup handal termasuk cukup diandalkan di kantor. tapi saya bingung saya belum punya tempat. apakah sebaiknya menyewa atau lebih baik membeli saja. rugi kah jika saya menyewa tempat

  14. kbetulan sya ini ibu rumah tangga ,,tpi sya memakai almat emailny ank sya .sya mw tanya gne lho .sy ini kn ibu rmh tangga ,,sy bingung mau berwirausaha ap .tlg sy dnkz ,,ksthu ap yg cocok utk sy krjakan . Blz seceptnya ya .
    tlg .sy lgi krisis ekonom .

  15. ikutan nimbrung ya, Salam buat semua
    buat kawan-kawan yang mo usaha sebenarnya sederhana saja, mulailah dengan kemauan yang tinggi, jangan sampai ada keinginan berusaha tapi cuma karena liat orang lain sukses, (boleh sih tuk nambah obsesi), tapi arahkan kemaun anda dengan benar, ulet, sabar, dan mulailah dari yang ada dulu,
    pengalaman berusama memang butuh keseriusan jk ngga serius maka jangan harap bisa maju,

    Buat bu hartati udin, mau berusaha sebenarnya banyak yang bisa dimanfaatkan, andai_kalo ibu berada di dekat pantai (ada TPI-tempat pelelangan ikan) itu biasanya harga ikan murah, biar ber nilai jual tinggi sebenarnya ibu bisa beli ikan lalu diasap (pengasapan) maka harganya dah lebih mahal dan bisa di jual dalam beberapa hari, atau diater di warteg-warteg juga bisa,

    kalau ibu punya mobil nganggur dirumah_ bisa difungsikan tuk antar jemput anak sekolah caranya cari relasi yang ibu kenal lalu hub keluarganya, berikan sedikit minuman ato makanan kecil didalam mobil saat jemput (ngga wajib sih) sehingga anak sekolah lebih senang dan tidak pindah ke angkutan,

    kalo ibu dipusat kota, ahli masak, maka liat tuh orang kantoran yang sering jajan diwarung, coba dihubungi dan ditawarkan kehlian ibu memasak, untuk memasakan makan siang saja (yah semacan cattering gt) kalo ada beberapa orang mau dan masakan ibu ternyata sesuai selera maka itu menguntungkan, jangan pasang taris tinggi, pasang saja tarif seperti jajan di warung agar lebih cantik belikan kemasan plastik yang cantik dan murah lagi serta bisa dipakai kembali di hari berikutnya,
    dah ada relasi entar lewat omong2 dari mereka maka lama-lama akan bertambah pelangganya, jang penting jk dah berkembang jaga mutu masakanya

    Jika iku punya keahlian bikin sale pisang_ dan dekat dengan pasar pisang_ sebenarnya mudah tuk memanfaatkan pisang yang sudah kelewat (dalu_jawa) jika dijual dah ngga laku tapi jika dibuat sale pisang itu yang cocok karena hasilnya akan manis, harga pisang murah dan jika dah jadi salle pisang harganya cukup tinggi, lalu dikemas yang cantik dan dikirim ke warung-warung tapi kalo ini agak lama jadi uangnya.

    dan masih banyak lagi, kalo mo shar via email saja ngga apa kog

    khoir bihudurikum,

  16. Assalamu ‘alaikum wr.wb
    Ikhwan Harry, minta nasihat dounk kira-kira usaha apa yang cocok untuk pemula. Kebetulan ana sekarang dan istri baru menikah dan keduanya sama-sama bekerja. Kebetulan istri ana bekerja di perusahaan yang lebih bagus dan posisinya pun lebih bagus dari ana. Ana pengen salah satu dari kami berwirausaha saja agar bisa mengontrol anak di kemudian hari. Tapi untuk modal kami tidak punya tabungan yang banyak, tetapi ada sedikit rejeki. Menurut Ikhwan kira-kira bagaimana cara menekuni usaha dan usaha apa yang cocok untuk kami jalankan. Kebetulan saat ini ana dan istri masih berpisah karena masing2 bekerja di kota yang berbeda. Hal inilah yang mendorong ana untuk berwirausaha agar dapat berkumpul bersama keluarga… Kalau Ikhwan berkenan tolong dibalas ke email saya saja ya. Syukron Katsiron sebelumnya
    Wassalamu ‘alaikum wr. wb

  17. assalamualikum wr.wb
    mas harry saya seorang mahasiswi, saya berniat membuka usaha tetapi saya masih bingung dengan jenis usaha yang akan saya jalankan.. saya hobi membuat kaos dan baju, untuk membuat butik saya tersandung pada permodalan mengingat saya hanya seorang mahasiswi…
    jadi langkah apa yang seharusnya saya ambil..
    syukron..
    wasalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *